Service TV Sharp


     Betapa pusingnya kepala kita ketika kita memperbaiki sebuah TV yang belum ketemu permasalahannya. Kepala rasanya ingin di jedotken ke tembok tetapi sayang cuma punya satu kepala. Misalnya saja TV Sharp UNIVERSE yg menggunakan IC TDA9381 / IX 3368. TV ini menggunakan system proteksi. Berikut adalah macam2 kerusakan TV Sharp.

  1. Tekan tombol, led berwarna hijau kemudian kembali merah/standby. Dikarenakan flyback tidak bekerja, biasanya karena Flyback rusak atau tidak bekerjanya Horizontal oscilator, ada tegangan 5V yang hilang untuk suply Hor OSC.
  2. Tekan tombol led berwarna hijau dan ada suara Flyback bekerja tapi tv tidak nyala malah lampu led kembali merah dan berkedip. Biasanya kerusakan pada data EEPROM biasanya pada setting Bahasa/ Language. Umumnya Setting semua bahasa di parameter diberi nilai 0.
  3. Tekan tombol led berwarna hijau dan sepertinya TV akan menyala tetapi tv kembali standby dan led berwarna kuning dan berkedip. Masih kerusakan pada data. LED F beri nilai 0.
  4. Tekan tombol TV hidup ada gambar kemudian kembali standby. Disebabkan ada tegangan yang awalnya normal kemudian drop dikarenakan komponen yg short atau bocor. Contohnya Dioda Zener 5v yg terhubung dengan dengan SDA dan SCL. Dan ada satu dioda zener juga di dekat flyback yg terhubung dg Heater dan tegangan 12v output inverter. 
  5. Power suply tidak bisa start / standby walau sudah ditekan power on. Disebabkan karena tidak ada tegangan power on dari IC program untuk umpan ke TR switch Power suply karena tegangan di IC program lemah / drop. Ganti Elco 16V47UF dan 6.5V100UF pada IC suply 3.3V. Masalah seperti ini juga sering terjadi karena Elco 160V220UF sudah melemah/kering.
  6. Kerusakan pada bagian Vertical seperti IC koslet atau hilang tegangan.
  7. R 33 ohm untuk tegangan 45v untuk suply IC vertikal sering panas dan terbakar disebabkan karena C1n dan R 1K8 smd bypass ke ground kendor atau putus pada kaki 1 dan 2 IC Vertical, gejala ini juga disertai dengan tidak munculnya gambar/raster.
  8. TV menyala tapi tidak ada gambar hanya ada OSD, ada jalur Video yang putus yang melewati rangkaian horizontal biasanya karena PCB hangus.
  9. Suara siaran TV Gemeresek dikarenakan system suara BG rusak. Ganti IC eeprom samakan datanya, di parameter BG diberi nilai 1.
  10. Untuk yang menggunakan IC Suara AN5891K pada parameter harus di beri nilai 1 karena bila tidak tv akan kehilangan suara. Untuk yang tidak menggunakan diberi nilai 0.
  11. Pada TV Sharp yang menggunakan Power suply STR W6753 / W6754 jarang sekali protek. Kerusakaakan sering terjadi pada STR tsb. Tanda2nya TV sedang ditonton tiba-tiba mati total kemudian ditekan lagi tombol tv hidup kembali dan tidak lama kemudian tv akan mati lagi apalagi bila ada gambar yg sangat terang. Ini terjadi karena power suply drop karena STR sudah melemah.

Skema IC Vertikal TDA8357


jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BEBAS.WEB.ID Powered by Blogger