CARA BIKIN FILTER ANTI STORING

FILTER ANTI STORING ini saya buat atas permintaan dari my best friend di MULTI cellular bekasi,Untuk mereduksi pengaruh dari lampu neon ( TL ) 40W yang mengganggu beberapa perangkat kerjanya ( monitor - PC )di ruang reparasi HP .
Berdasar pengalaman yg saya buat untuk sdr.heriyanto ( Tailor ) di Babelan,pesawat TV serta Home theater-nya terganggu suara noise dari mesin jahit-nya.
Ada dua macam tipe anti storing ; AC dan DC..bedanya hanya untuk AC menggunakan capasitor nonpolar (100nF/630V) dan DC menggunakan capasitor bipolar 2200-3300uF/35v (untuk penggunaan di dalam mobil).
Anda dapat merakit rangkaiannya seperti yg saya lampirkan disini..untuk AC komponen trafo filternya bisa anda dapat kan dari bekas mesin monitor komputer ( dgn alasan besaran arus beban yang di tanggung lebih besar dari yg umum dipakai di pesawat TV ).
Siapkan dua buah trafo filter dan dua buah kapasitor C :100n/630V dua buah…rakit rangkaian tersebut.Gunakan jalur terpisah atau dapat anda gunakan “rol kabel” yang pada ujung colokannya dipasang alat ini dulu sebelum di masukan ke dalam steker..gunakan terminal-terminal di roll tersebut hanya untuk perangkat yg anda maksud kan.
Untuk pemakaian di dalam mobil ( biasa untuk Tape/CD mobil ) anda bisa memakai trafo ot 240 dua buah yg dipakai bagian sekundernya saja ( dilihat dari diameter kawat email yg lebih besar)…Atau menggunakan ferit batangan atau ring yang digulung email berdiameter 0,8-1,5mm sebanyak minimal 20 lilit. ( seperti gambar diatas.Semakin besar kawat yg digunakan ,semakin besar pula bentuk fisik perangkat tersebut).Gunakan elco berkualitas dengan kapasitas 470-2200/35V.Besar kecilnya nilai yg digunakan ditentukan oleh besar kecilnya noise yg tertengar.
Rangkaian ini berguna untuk meredam hum/noise yg ditimbulkan oleh induksi yg disebabkan lampu neon yg menggunakan trafo balast (menyebakan timbulnya noise 50/60hz).Juga meredam induksi yg dihasilkan perangkat motor ( motor mesin jahit ataupun induksi dari pengapian mesin mobil).
Anda bisa saja membeli jadi perangkat ini dipasaran.Tapi tak ada salahnya untuk membuatnya sendiri ,karena dengan merakit sendiri tentunya akan ada “rasa/feeling tentang fungsi alat yg kita rakit.Selain itu ,kelebihan merakit sendiri adalah ;kita bisa meng-improvisasi sebuah perangkat sesuai dengan yg kita kehendaki.
Tutorial ini mungkin terlihat amat sederhana dan sepele ( bagi kawan-kawan professional ) ,tapi saya harap berguna buat yang mau dan baru belajar dari hal-hal yg sederhana.
Kesederhanaan membuat segala sesuatu yg komplek akan lebih sederhana untuk difahami...
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BEBAS.WEB.ID Powered by Blogger