Service Toshiba TV Projection / Proyektor


     Ada panggilan service ke rumah konsumen dengan kerusakan gambar warna biru meluber tidak fokus dan setelah beberapa menit tiba2 gambar seperti kehilangan sinkronisasi.

Langsung tertuju pada bagian depan dan membukanya, maka terlihat ada 3 tabung proyektor terlihat bagian ekornya yaitu tabung R, G dan B.
Dan di sebelah kanan ada bagian Adjustmen Fokus dan Screen untuk masing2 tabung.
Saya coba untuk menjust fokus warna biru dan hasilnya masih belum dapat fokus yang maksimal.
Akhirnya diputuskan untuk mengganti soket dengan yang baru. Dalam penggantian soket disarankan menggunakan yang asli karena bila mengunakan yng biasa, biasanya sering terjadi loncatan HV di dalam soket tsb sehingga akan terjadi ganguan pada gambar.
Kasus pertama sudah selesai sekarang yang kedua setelah beberapa menit gambar kehilangan sinkronisasi tetapi suara normal gak lama kemudian gambar kembali normal dan begitu seterusnya.
Pengecekan tertuju pada Card Horizontal oscilator setelah dilepas disolder ulang, cek kristal B500F dan card dipasang kembali. Mulai menghidupkan TV dan sepertinya masih belum ada perubahan. Sambil dihidupakan coba periksa card satu2 sambil ditekan dan ternyata gambar normal. Dan sepertinya hanya kendor pada card tuner detektor. Dan saya ambil kesimpulan gambar tidak sinkron karena dari tuner detektor.

Kerusakan lain yang sering terjadi pada TV Projection yaitu Gambar antara R, G dan B tidak center, dan biasanya agak melengkung dibagian bawah. Kerusakan pada Rangkaian konvergensi dan biasanya ada R atau STK konvergensi rusak. Pada pemasangan STK jangan lupa memberikan pasta agar panas STK benar2 diserap oleh heatsink
Hal yang sama bisa juga dari settingan konvergensi berubah tetapi hal seperti ini jarang sekali.
Kerusakan yang lainnya sepertinya tidak jauh beda dengan TV CRT biasa.

Demikian sedikit pengalaman saya untuk anda semoga bermanfaat bila ada kesalahan tolong dikoreksi...
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BEBAS.WEB.ID Powered by Blogger