MENGANALISA KERUSAKAN PADA SPEAKER AKTIF


Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada speaker aktif

Speaker aktif mengeluarkan suara Dengung yang sangat keras.

     Kerusakan seperti ini awalnya ditandai dengan komponen yang terbakar ( speaker mengeluarkan asap dan bau gosong). untuk speaker aktif yang menggunakan modul power IC (misal: IC TDA 2005, TDA 2030 dsb) bila terlihat terbakar ganti saja. untuk speaker aktif yang menggunakan power modul pakai transistor (misal: TIP 31/32, TIP 41/42, TIP 2955/3055 atau bahkan pakai transistor Sanken 2sc 2922 / 2sa 1216), cek trasistor tersebut bila short/konslet ganti saja, ganti juga R 5W 0.47 ohm, bila TR dan R nya terlihat terbakar ganti juga TR BD 139/140. Untuk selanjutnya cek juga Power suplaynya, suara dengung yang keras bisa juga desebabkan dioda yang short dan elco power suplay yang kering.

Speaker aktif suara kecil sebelah

     Sebelum mem-fonis speaker aktif rusak coba cek dulu jalur input audio ( biasanya jek RCA input audio , misal dari DVD PLAYER ) biasanya kabel jek rca putus / rusak sebelah, bila sudah di cek ternyata bagus coba cek soket rca pada panel input speaker aktif bisanya kalau sudah terlalu biasanya kendor, ganti saja soket RCA tersebut. setelah jalur input sudah oke tetapi masih mati sebelah coba ganti juga VR 50-100k ( potensio untuk Volume control), kalau dengan berbagai langkah tersebut telah dilakukan tetapi tak ada hasil giliran cek bagian tone control dan power modulnya.

Untuk mengecek power modulnya sentuh saja dengan jari tangan dibagian inputnya, kalau power masih normal pada saat disentuh akan terdengar bunyi Derung yan keras. coba bandingkan bunyi derungnya antara power R dan L nya, kalau bunyinya seimbang berarti power modul oke.

Speaker aktif mati total dengan lampu indikator LED juga mati

     Untuk sepeaker aktif dengan kasus kerusakan seperti ini berarti suplai arus tegangan tidak masuk sama sekali. pengecekan harus dimulai dari input listik 220 v, pertama cek kabel / steker yang ke listrik 220. kemungkinan kabel putus didalam ataupun steker/colokannya rusak. yang kedua cek sking (kalau ada), yang ketiga cek saklar ON / OFF pada panel speaker aktif tersebut,mungkin rusak. yang ke empat cek trafo mungkin ada kabel ada yang lepas (untuk trafo kemungkinan rusak jarang sekali). dan yang terakhir cek out dari trafo ke power suplay.

Speaker aktif suaranya kadang besar, kadang-kadang kecil 

     Kerusakan seperti ini disebabkan karena sinyal audio kadang masuk kadang tidak, periksa ganti semua potensio pada volume control dan juga pada Bass / Trible control.


Speaker aktif  suranya tidak jernih / krepek-krepek.


Pertama cek loudspeakernya biasanya loudspeaker yang mau rusak bunyinya tidak normal, kalau loudspeaker oke cek power modulnya seperti tersebut diatas.


Speaker aktif  tidak ada bass


Coba periksa di bagian tone control ganti potensio pengatur bassnya, periksa juga speaker wofernya kemungkinan juga mati.


Speaker aktif tidak ada Tribel


Sama seperti halnya dengan tidak ada bassnya, periksa bagian tone control ganti potensio pengatur tribelnya, periksa juga tuiternya mungkin juga mati.


     Masih banyak kerusakan kerusakan pada sepeaker aktif, mungkin lain waktu akan saya tambahkan, smoga bermanfaat.
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BEBAS.WEB.ID Powered by Blogger